1. Program Peningkatan Ekonomi Masyarakat

Peningkatan ekonomi masyarakat dapat dilakukan dengan berbagai cara. Cara peningkatan ekonomi masyarakat yang ingin saya lakukan bila saya dipilih menjadi Anggota DPRD Kota Jayapura adalah dengan memberikan Subsidi terhadap pembelanjaan kebutuhan pokok masyarakat.
Masyarakat yang saya maksudkan disini adalah para pendukung yang telah memilih saya menjadi Anggota DPRD. Hal ini saya lakukan sebagai wujud pertanggungjawaban saya terhadap masyarakat yang telah memilih saya.
Mengapa harus ada Subsidi terhadap kebutuhan pokok masyarakat..? Karena sampai saat ini pemerintah tidak mampu untuk mengendalikan kenaikan harga-harga kebutuhan pokok mengingat keadaan ekonomi negara kita sangat tergantung kepada keadaan ekonomi dunia. Dan juga kenaikan harga sangat tergantung kepada kebijakan pemerintah dan pelaku ekonomi seperti pedagang itu sendiri. Untuk itu perlu ada pemberian Subsidi kepada masyarakat sehingga akan membantu masyarakat untuk meningkatkan ekonominya.
Pemberian Subsidi ini saya targetkan dimulai sebesar 25% sampai 75% dari harga jual kebutuhan pokok dan akan diberikan selama saya menjadi anggota DPRD kota Jayapura. Mengapa pemberian subsidi saya targetkan sampai dengan 75%, tentu ini bukan sebuah hal yang mudah, namun saya yakin apabila konsep yang saya tawarkan berikut ini dapat dilaksanakan dengan baik maka target subsidi sampai 75% akan dapat dilaksanakan.
Tentu hal ini akan menimbulkan pertanyaan (bahkan mungkin tertawaan & cibiran) bagaimana mungkin saya dapat memberikan Subsidi kepada masyarakat (para pendukung) yang jumlahnya banyak.
Untuk melakukan itu saya telah menyiapkan sebuah konsep sederhana tentang bagaimana meningkatkan ekonomi masyarakat yang merupakan satu bagian kecil dari banyak cara meningkatkan ekonomi masyarakat.
Untuk lebih sederhana membaca konsep peningkatan ekonomi yang akan saya berikan kepada masyarakat (pendukung saya), maka saya akan gambarkan dalam alur pikir/konsep seperti di bawah ini.

ALUR PIKIR/KONSEP PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT





Penjelasan Alur Pikir / Konsep
Untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Kota Jayapura (terutama yang mendukung saya) maka saya akan memberikan Subsidi terhadap pembelanjaan kebutuhan pokok masyarakat. Dengan harapan bahwa dengan adanya pemberian subsidi ini maka akan terjadi penghematan terhadap pembelian kebutuhan pokok masyarakat yang kemudian dapat digunakan untuk kebutuhan lain atau dapat disimpan untuk digunakan melakukan sesuatu bagi peningkatan ekonomi masyarakat itu sendiri.
Dana yang akan digunakan untuk memberikan subsidi berasal dari keuntungan sebuah usaha/bisnis/perusahaan (yang saya ingin mulai dengan membangun koperasi) yang akan dikelolah oleh tenaga-tenaga profesional (gambaran dalam alur pikir sebagai petani) yang telah disiapkan sehingga dapat mempercepat pengembangan usaha tersebut.
Modal (bibit) yang akan ditanam/diinvestasikan untuk memulai dan menjalankan usaha/bisnis/perusahaan (lahan/kebun) tersebut berasal dari penghasilan tetap saya setiap bulan (pemberi bibit) sebagai Anggota DPRD Kota Jayapura (50% dari penghasilan/bulan).
Modal (bibit) ini lalu dikelola/diputar di usaha/bisnis/perusahaan dan hasil keuntungannya akan diberikan bagi kesejahteraan masyarakat (yang mendukung saya) dalam bentuk subsidi terhadap kebutuhan pokok.
Agar hal ini dapat berjalan dengan baik maka akan dibentuk Tim Pengawas Program. Tim ini terdiri dari perwakilan masyarakat (pendukung) yang bertugas mengawasi/menuntut agar program yang telah dirancang dapat dijalankan dan sekaligus mengawasi bisnis/usaha/ perusahaan sebagai usaha milik masyarakat agar dapat berjalan dengan baik dan memberikan keuntungan yang sebesar-besarnya bagi kesejahteraan masyarakat.
Khusus bagi Tim Pengawas akan diatur sehingga tim ini secara legal (resmi) memiliki kekuatan hukum tetap untuk menuntut pelaksanaan program dan juga memiliki kekuatan hukum tetap untuk mengawasi jalannya usaha/bisnis/perusahaan yang telah dibentuk sehingga benar-benar masyarakat (pendukung) dapat menikmati subsidi yang dimaksudkan.
Dengan begitu secara perlahan namun pasti masyarakat dapat meningkatkan ekonominya dari waktu ke waktu.
Usaha/bisnis/perusahaan ini akan terus berjalan agar menjadi satu-satunya usaha/bisnis/ perusahaan yang didirikan untuk mensejahterakan masyarakat. Harapan ke depan usaha/bisnis/perusahaan ini akan berkembang dan dibangun juga di kabupaten-kabupaten lain, bahkan di provinsi-provinsi lain yang keuntungannya hanya untuk memberikan kesejahteraan bagi masyarakat kota Jayapura (terutama bagi para pendukung). Dengan demikian akan ada sebuah usaha/bisnis/perusahaan yang benar-benar menghasilkan keuntungan hanya untuk kesejahteraan masyarakat kota Jayapura. Atau dengan kata lain masyarakat (para pendukung) akhirnya dapat memiliki sebuah usaha/bisnis/perusahaan yang dikelola secara professional dan diawasi/dijaga langsung oleh masyarakat sendiri karena keuntungannya hanya untuk memberikan kesejahteraan kepada masyarakat.