2. Program Peningkatan Sumber Daya Manusia

Sumber Daya Manusia sangat penting untuk ditingkatkan, dan program peningkatan SDM dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu cara yang saya tawarkan adalah dengan memberikan pendidikan gratis khusus untuk pelajaran Komputer dan Bahasa Inggris kepada masyarakat kota Jayapura (khususnya bagi yang mendukung saya di pemilu 2009). Mengapa pendidikan komputer dan bahasa Inggris yang saya utamakan? karena kedua hal ini sangat penting untuk dikuasai. Dengan menguasai kedua pelajaran ini maka akan mempermudah kita untuk mempelajari pelajaran-pelajaran lainnya dengan demikian kita dapat bersaing di era globalisasi saat ini.
Untuk memberikan pendidikan komputer dan bahasa Inggris secara gratis, saya memiliki konsep sederhana yang akan saya lakukan bila dipilih menjadi anggota DPRD Kota Jayapura periode 2009 - 2014.
Saya akan mendirikan Lembaga Pelatihan Komputer dan Bahasa Inggris (konsep dan metode belajarnya sudah disiapkan). Untuk mendirikan lembaga ini dan melengkapi fasilitas komputer sebagai media belajar komputer dan bahasa Inggris maka saya akan menyisihkan 25% dari penghasilan saya setiap bulan untuk maksud ini. Selain itu juga melalui keberadaan saya di DPRD kota Jayapura maka akan diusahakan sumber-sumber lain guna menunjang pelaksanaan kegiatan pendidikan tersebut.
Sistem belajar yang saya tawarkan adalah dengan menggunakan media komputer dan belajar secara interaktif langsung dengan komputer. Sehingga staf pengajar akan mengawasi saja. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat yang belajar dapat terus terintegrasi dengan kemajuan teknologi komputer.
Pemberian pendidikan komputer dan bahasa Inggris secara gratis ini juga merupakan wujud tanggungjawab moral saya kepada masyarakat yang telah memilih saya menjadi anggota DPRD kota Jayapura periode 2009-20014.
Agar pendidikan gratis ini dapat dilaksanakan dan berjalan dengan baik maka Tim Pengawas (perwakilan dari masyarakat yang mendukung) yang mengawasi usaha/bisnis/perusahaan yang didirikan untuk peningkatan ekonomi masyarakat juga akan turut mengawasi pelaksanaan program ini dan sekaligus turut mengawasi lembaga pelatihan ini, apakah benar-benar memberikan manfaat kepada masyarakat (terutama bagi pendukung) atau tidak.
Dengan demikian diharapkan tidak akan ada program yang tidak dapat dilaksanakan dan dengan sistem pengawasan langsung dari masyarakat melalui Tim Pengawas Program yang juga secara legal memiliki kekuatan hukum tetap untuk mengawasi dan menuntut maka diharapkan tidak akan terjadi pembohongan terhadap masyarakat (yang mendukung saya) ketika saya telah terpilih sebagai anggota DPRD kota Jayapura.
Saya selalu yakin ketika kita dengan tulus mau berbagi apa saja yang kita miliki dengan orang lain maka itu akan memberikan sebuah perubahan yang luar biasa di dalam kehidupan kita dan juga kehidupan orang lain.
Itulah sebabnya saya ingin berbagi pemikiran/konsep yang saya pikirkan agar dapat dilaksanakan dan saya juga ingin berbagi penghasilan saya apabila terpilih menjadi Anggota DPRD Kota Jayapura untuk menunjang/melaksanakan pemikiran/konsep yang saya tawarkan sehingga itu akan dapat memberikan dampak yang mungkin awalnya kecil tetapi kemudian saya yakin akan terasa di kemudian hari bagi kesejahteraan masyarakat Kota Jayapura.